Interview (Special/ September)



Halo temen-temen Bebi! Khusus untuk bulan ini (dan mungkin akan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya, mengingat bahwa banyaknya anggota baru BBI), Bebi akan menginterview 4 orang sekaligus! Hanya saja, mungkin kekurangan interview kali ini dan interview yang lalu, interview kali ini akan sedikit ‘kaku’ (atau mungkin banyak? Hahaha)

Jadi, keterangannya pun akan berubah.



Warna Hitam untuk pertanyaan Bebi

Warna Biru untuk Jawaban Ade Delina Putri / Ade

Warna Merah untuk Jawaban Asri M S / Asri

Warna Coklat untuk Jawaban Tiara Orlanda / Tiara

Warna Hijau untuk Jawaban Shen Meileng / Shen

(Moga-moga BBI-ers nggak binggung yak :>)


Q: Halo semua! Seperti biasa, pertanyaan pertama selalu diawali dengan, Perkenalin dong diri kamu!


Ade: Hai Bebi, kenalin aku Ade Delina Putri. Biasasih dipanggil Ade, tapi terserah kalo Bebi mau panggil Delina juga boleh. Asal jangan Putri ya, soalnya aku nggak mau tertukar dengan putri-putri yang lain :)) Aku pemilik blog Delina Books. Usiaku dua puluh dua. Saat ini berprofesi sebagai mahasiswa plus ibu rumah tangga baru *ciyee* hehe. Selain blog buku, aku punya dua blog lain. Blog sohibunnisa.com yang merupakan blog utama, dan blog delinaquotes.tumblr.com yang isinya kutipan-kutipan pendek dari pikiran ajaibku. Tapi sekarang frekuensi paling sering diisi sih ya blog buku. Soalnya sudah jelas apa yang mau diisi haha. Karena aku mulai menekankan selesai baca buku, harus direview langsung :)) Do'ain smoga istiqomah ya Bebi :)

Asri: Hai, Bebi :) Kenalin, namaku Asri Rahayu MS, usiaku dua puluh sekian.. (hehe).. Kalau ditanya nama panggilan sebenarnya banyak buangetttt.. Di rumah, dipanggil Sari, di kantor dipanggil Asri, ada yang panggil Asri juga.. So, terserah Bebi mau panggil aku apa, tapi jangan panggil aku Sri yaa.. berasa geli..Mulai ngeblog semenjak tahun 2011, suka baca buku semenjak SD. Dan aku punya 3 blog, untuk blog bukuku baru 2-3 bulan ini (sumpah, aku lupa). Tadinya masih aku jadiin satu sama blog dailyku, tapi ternyata aku lebih memilih membuat blog khusus untuk review buku ala aku..hehe.. Oh ya, lupa, Bebi, nama blogku Peek A Book, nah alamatnya peekthebook.blogspot.com.
Saat ini, aku tinggal di Jogja, masih single lhooo.. Sekarang ini aku bekerja menjadi Outsourcing di sebuah perusahaan BUMN. Aku juga suka memotret, menulis cerita, iseng-iseng bikin quotes, dan suka edit-edit foto atau tulisan di tablet...hehe.. :D

Tiara: Haloha Bebi ! Namaku Tiara Orlanda panggilannya Tier :) Usiaku 23 tahun. Blog-buku ku bisa dibaca di http://wildbibliophile.wordpress.com (Wild Bibliophile). Aku anak baru di BBI sekaligus anak baru juga di dunia perblog-bukuan *bahasa apa ini*. Aku tinggal di Medan dan udah lulus kuliah 2014 lalu, jadi sekarang lagi (masih) getol-getolnya cari-cari kerja, sekaligus nyari jodoh *eh* Selain itu aku juga salah satu Admin sebuah fanbase penulis di twitter.

Shen: Nama Shen Meileng, tapi lebih senang dipanggil Mei (meskipun pada akhirnya harus ikhlas dipanggil Shen oleh banyak orang). Usia 19 tahun, jalan 20 sih Oktober nanti *kode* *siapa tahu ada yang mau kasih hadiah buku. Pemilik blog The Cute Geek


Q: Bebi percaya kalau setiap book-addict itu punya genre favoritnya masing-masing (halah.. bahasanya kok jadi gini yah.. wkwkwk). Genre favorit kalian apa? Terus, alasannya apa? Kok bisa suka?


Ade: Islami dan motivasi. Karena aku tipe yang cukup idealis ketika baca buku. Aku harus dapetin something yang bermanfaat dari buku itu. Nah biasanya hal ini aku dapetin ketika baca dua genre ini. Bisa mempertebal keimanan juga bikin aku slalu optimis :))

Asri: Aku sebenarnya fleksibel aja sih, asal ngga ngasih aku genre horror ajah.. Tapi, memang kebanyakan buku yang aku punya genrenya Romantis. Nggak ada alasan khusus sih yaa. Setiap kali aku mau beli buku, aku pasti baca dulu blurbnya, aku suka, aku beli. Dan sadar nggak sadar, kebanyakan dari buku yang aku baca itu pasti punya makna khusus, jadi bisa sekalian belajar juga sih, Bebi.. Jadi, kalau ditanya alasan suka sama genre romantis, aku malah bingung sendiri..hehe..Tapi, sebenarnya aku suka berbagai macam genre.. Seingatku sih, dari berbagai buku yang aku baca, ada yang bergenre romantis, komedi, petualangan, detektif, teenlit, chicklit, history, apalagi yaa.. Aku lupa, bebi *pucingpalabebi*. Asalkan ceritanya aku sukaa yaa, Bebi.. Sama kayak aku suka sama Bebi *Bebi, aku padamu*

Tiara: Aku suka genre drama, lebih spesifiknya drama keluarga. Soalnya menurutku, keluarga itu kan yang paling dekat sama kita. Jadi cerita yang hangat atau bikin miris sekalipun langsung lebih mudah bikin aku tersentuh. Aku tertarik juga sama Culture-thriller soalnya berasa paket lengkap, ekonomis *kayak restoran ayam*. Dapat pengetahuan baru soal culture-nya dan dapat juga serunya balutan thriller.

Shen: Genre yang aku sukai itu Romance, Fantasy, Psikologi dan Fashion.Alasan suka Romance itu klise sih, karena gampang dicerna oleh kepala ini, ahaha. Kalau Fantasy, aku suka membayangkan dunia yang bukan berasal dari kehidupan sehari-hari sekaligus refreshing gitu dari dunia yang semakin menyebalkan ini. Untuk genre Psikologi dan Fashion sendiri itu alasannya cukup untuk ditertawakan sih, karena mimpiku gak kesampaian (waktu kecil aku mau jadi model dan pas SMA aku mau kuliah di jurusan psikologi.)


Q: Buku favorit kalian apa sih?


Ade: La Tahzan - Dr. Aidh Al-Qarni. Rasanya buku ini menyimpan segala pesan dari buku kebanyakan. Ternyata setiap masalah solusinya tuh cuma satu. Jangan sedih! Karena pada dasarnya, apapun masalahnya Tuhan tahu kita mampu. Simpel, thats it.

Asri: Buku favorit apa yaa, bebi? Aku kok malah jadi garuk-garuk kepala gini.. Kalau ditanyain ini.. Menurut bebi apa buku favoritku? Tau nggak?Hmm.. Ayat-ayat cinta.. Kenapa? Karena pada tahun 2008, saat itu aku baru aja sembuh dari suatu trauma dan lagi jalan-jalan sama ibu ke mall di kota Jogja. Lihat antrian panjang di bioskop, penasaran ada apakah gerangan. Karena memang aku sempat stop nggak diperbolehkan memakai gadget dulu untuk sementara waktu dan bener-bener ketinggalan informasi. Begitu tau itu film ayat-ayat cinta dan ngga tau ceritanya kayak apa alhasil nekat nonton film tersebut dan barulah beli bukunya.
Aku baca berulang kali sembari mengingat setiap adegan di film tersebut. Kok nggak sama yaa, kok sama yaa.. Dan boleh percaya boleh ngga, itu novel islami pertama yang aku punya.

Tiara: So far masih Joker-nya Vabyo. Itu nendang banget menurutku. Buku yang paling bikin aku penasaran sama jalan ceritanya dan gak menemukan clue apa pun sampai halaman-halaman terakhir *apa aku yang gak peka ya*
Dan Seri Malory Towers nya Enid Blyton. Itu everlasting banget ! Gak ada yang bisa gantiin. Kalian yang belum baca, harus. banget. baca.

Shen: Untuk penulis luar, aku paling suka buku Ruby Red Triology (Ruby Red, Sapphire Blue & Emerald Green) karya Kerstin Gier. Baca buku ini gak bisa berhenti dan saat selesai baca, berasa hang over sampai gak bisa baca buku lainnya.Kalau dalam negeri, aku paling suka buku Jurnal Jo series karya Ken Terate. Aku baca ini dari jaman SMP dan menanti dengan sabar untuk mengetahui lanjutan cerita kehidupan Jo yang bikin gemas.


Q: Minat baca kalian timbul sejak kapan?


Ade: Sejak kecil. Ibuku suka banget ngasih aku buku. Malah lebih seneng beliin aku buku daripada mainan hiks. Kebanyakan sih buku anak dan Islami. Makanya mungkin ini dia yang bikin aku sampai sekarang masih suka baca buku-buku islam.

Asri: Seperti yang aku bilang tadi, minat baca timbul semenjak aku SD atau bisa jadi malah pas aku udah bisa baca yaa.. Dulu suka banget baca majalah BOBO, terus komik Kobochan (komiknya dimana yaa sekarang), Doraemon, Sailormoon, sama majalahnya ibu, Djoko Lodang (bahasa Jawa, bebi.. belajar bahasa daerah). Dan akhirnya keterusan sampai sekarang ini. Sampai-sampai demi mendukung hobiku, ayahku membuatkanku rak buku sendiri. Aku pun sampai beli kotak untuk menampung sekian banyak buku-bukuku yang nggak muat di rak buku. Kalau bebi, bukunya udah berapa banyak? :D

Tiara: Aku udah mulai baca dari umur 4 tahun, soalnya sebelum TK udah diajarin papaku buat baca -,- Ditambah lagi mungkin karena mamaku Semi Bookworm *masih semi* jadi rajin beli-beliin majalah atau cerita rakyat gitu, Bebi :)

Shen: Sejak kapan ya? *malah balik nanya*Kalo dipastikan itu sebenarnya agak susah sih ya, soalnya dulu aku ini anaknya niru apapun yang dilakukan oleh Papaku. Termasuk diantaranya baca buku (tepatnya merusuhi biar dibacain ceritanya) dan sepertinya karena itulah papaku jadi akhirnya membelikan bacaan sesuai dengan usiaku dan keterusan deh sampe sekarang, ahahaha.


Q: Buku pertama yang kalian baca apa?


Ade: Mengatasi Krisis Uang Saku (kalo nggak salah, agak lupa soalnya haha). Isinya cerita-cerita pendek yang pernah dimuat di majalah Bobo. Sampe sekarang pun aku masih hafal masing-masing ceritanya :D

Asri: Buku yang pertama dibaca, majalah BOBO, bebi.. Aku langganan majalah itu sampai banyak banget. Terus sama ibuku akhirnya dijilid biar nggak kececer.. hehe :D Kemudian seperti yang aku bilang sebelumnya, berlanjut ke komik dan akhirnya novel.

Tiara: Gak jauh jauh dari generasi 90'an lainnya. Bobo dan Donal Bebek ,haha :D Tapi itu majalah ya ? Termasuk buku juga gak sih ? #gagalpaham.

Shen: Majalah Bobo masuk buku gak? *ini serius nanya*Kalau buku, pertama kali baca itu kalau tidak salah komik Doraemon dan untuk novel sendiri itu aku lupa judulnya apa, tapi kisahnya tentang anak kembar yang sama-sama mengalami gangguan jiwa gara-gara dibully sama kakaknya sendiri serta gak diperhatikan oleh ayahnya. *maaf jadi cerita* *siapa tahu Bebi bisa bantu aku nyarikan buku ini*


Q: Kalo Bebi, penulis favoritnya banyak banget. Tapi yang paling menginspirasi sih J.K Rowling. Dia kehilangan gelar ‘miliyurnernya’ gara-gara sumbangin uang loh… #curhat. By the way, penulis favorit kalian apa?


Ade: Dr. Aidh Al-Qarni dan Tere Liye. Dr. Aidh Al-Qarni tulisannya selalu menggugah dan membuat aku lebih banyak introspeksi diri. Karena tulisan beliau juga selalu terkait segala aspek kehidupan. Kalo Tere Liye, yang selalu aku suka adalah tulisan-tulisan beliau yang nggak cuma sekedar cerita fiksi belaka, tapi selalu sukses menyisipkan pesan yang tersirat.

Asri: Penulis favorit yaa? Kalau aku bilang aku sendiri gitu boleh ngga sih, bebi? Secara aku kan juga suka nulis cerita walaupun aneh dan ngga pernah selesai.. haha.. *Bebi, jangan manyun yaa*Penulis favorit aku kalau dari Indonesia, sudah pasti, Dee Lestari. Suka cara Dee menulis. Seolah-olah setiap cerita yang dia tulis, aku ada di sana. Terus sama siapa lagi yaa *lirik timbunan buku*, banyak banget, Bebi..
Kalau penulis dari Luar, tentu saja JK Rowling, karena aku jatuh cinta dengan setiap kalimat yang dia tulis, kalimat sihir yaa. Penasaran banget, dia dapat kosakata kalimat sihir darimana yaa? Bebi tau nggak kira-kira? Atau jangan-jangan Bebi juga yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan kalimat sihir itu yaa?

Tiara: Ah aku suka banget sama Vabyo, Sefryana Khairil, Robin Wijaya, Esti Kinasih,Lexie Xu, hmm oke stop. TERLALU BANYAK, BEBI !

Shen: Hmm ... sebenarnya aku gak begitu punya penulis favorit sih ya, aku lebih terfokus pada cerita yang dibawakan penulis daripada penulisnya. Tapi kalo memang harus diisi, aku bilang Jenny Thalia Faurine *itu salah satu member BBI juga lho*Alasannya, karena karyanya aku jadi berani untuk mempercayai tulisan yang dihasilkan oleh penulis Indonesia setelah mengalami traumatik yang cukup bikin diri ini drop membaca cerita Indonesia dan beralih ke komik.


Q: Ah, ya. Hampir lupa, temen-temen Bebi, kenapa sih, memutuskan untuk membuat blog buku?


Ade: Karena semakin tergoda dengan Bebi kali ya *tsah*. Ada satu temen FB yang sudah gabung dengan Bebi sejak 2013. Awalnya mikir agak berat sih syaratnya, karena isi blognya harus full tentang buku. Sementara saat itu aku baru belajar ngeblog dan nulisnya pun random. Tapi Alhamdulillah seiring waktu, 2014 aku mantepin bikin blog buku. Meskipun cara ngreview masih agak berantakan. Tapi ya nekat gitu deh, sampe akhirnya aku bisa gabung dengan Bebi deh :)

Asri: Karena hobiku membaca buku dan mereview buku ala-ala aku gitu. Bebi udah pernah ngintip review ala aku belum? Suka nggak? Suka yaa? Sini tak kasih es krim.. *kedipkedipmata*..Jadi, menurutku nggak efektif aja, review bukuku jadi satu campur sama blog dailyku.. Nggak mungkin banget kan yaa, orang-orang yang mau baca review bukuku mesti nyari satu-satu dan malah bikin BT.
So, thank you buat adikku yang ikut meyakinkan kakaknya buat bikin blog sendiri khusus buku. Yeayyy.. *cium adikku sayang*. Bebi jangan iri yaaa.. Tutup matanya dulu, Bebi..

Tiara: Dulu aku cuma ngereview di Goodreads dan itu juga cuma review-review singkat gak jelas haha. Aku sempat beberapa kali bikin blog untuk review, tapi baru diisi sedikit udah lupa password *Tier mah orangnya gitu, Bebi. Mudah melupakan, akibat mudah dilupakan* #baper
Nah beberapa bulan kemarin, aku pengen ikutan blogtour salah satu penulis favoritku tapi gak punya blog-buku dan yah akhirnya aku memutuskan bikin blog buku. Tapi setelah blog bukunya jadi, aku keasikan ngisi ngisi dan malah jadi gak jadi ikutan registrasi ke pendaftaran blogtour itu haha

Shen: Karena aku merasa gak punya teman yang mengerti hobiku yang membaca. Sejak SD sampai sekarang, aku gak pernah dikelilingi oleh teman-teman sebaya yang suka baca buku. Bagi mereka baca buku = = gak gaul = geek. Makanya nama blog aku "The Cute Geek" yang sekalian memberitahukan bahwa gak selamanya orang suka baca itu gak gaul.


Q: Pada akhirnya, tiba juga di pertanyaan beginian.. #halah. Kenapa memutuskan untuk gabung dengan BBI?


Ade: Karena apa ya. Mungkin ya itu tadi, karena melihat temen FB selalu bertebaran di timeline dengan membawa blog bukunya dan nama BBI. Alhasil aku kepo dengan Bebi, sampai akhirnya FIX tertarik buat gabung dengan modal nekat. Karena saat itu masih takut-takut kalo nantinya nggak bisa konsisten :))

Asri: Karena aku butuh teman buat sharing mengenai buku, ngehabisin timbunan. Biar bisa semangat review buku, semangat baca bukunya juga, semangat dapat buntelan juga #ehh #upss..Terus biar bisa kenalan juga sama temen-temen lain yang bookworm. Dan selain itu biar nggak ketinggalan berita-berita mengenai buku-buku di Indonesia. Kan mendukung banget kan sama hobiku.. :D
Ehm, Bebi, anggota BBI udah ada berapa banyak sih? Aku anggota termuda dan terunyu bukan? haha.. Bukan yaa, Bebi? *nangis di pojokan*

(Aduh, padahal dari awal udah memutuskan untuk lebih sombong.. wkwkwk… gak mau komen-komen lagi. Tapi.. bener-bener nih, sifat Bebi memang gitu.. -_-. Ah, ya. Jawabannya: Kamu bukan yang teunyu, Bebi nih yang terunyu. Asri juga bukan yang termuda -_-, ada yang umurnya masih 13 tahun! #coleksesorang. Whuahauahuahaha. Dan member BBI itu udah hampir 300! #tepuktangan)

Tiara: Sebenarnya tahun 2014 *kalo gak salah* Petronela Putri a.k.a Mput udah pernah mempromosikan BBI ini ke aku, cuma karena aku orangnya moody dan ngeblognya pun kadang-kadang aja, aku belum mutusin buat gabung. Takutnya ntar gak aktif gitu hhi. Nah pas kemarin aku bikin blog buku ini aku keingetan kamu, Bebi. *cukup sweet gak?* Terus aku stalking sana-sini, terus aku pengen banget join jadinya. Seru kayaknya bisa nemu temen-temen dengan hobi yang sama.

Shen: Karena aku dulu saat mencari resensi buku untuk tugas Bahasa Indonesia saat SMA sering nyasar ke book blogger dan selalu nemukan hal yang sama, Banner BBI. Sempat mau gabung saat SMA, namun terlupakan karena kehidupan SMA menuntutku untuk lebih memperhatikannya :"D #halahLalu saat tahun 2014, aku kehabisan bahan bacaan komik (sekaligus parno mau beli novel Indonesia akibat trauma) dan mencari resensi buku-buku apa yang baiknya dibaca. Niatnya sih nyari komik, eh malah nyasar ke book blogger Indonesia. Membaca review mereka sekaligus mempelajari secara umum tentang BBI, aku memutuskan untuk gabung. Siapa tahu ada orang-orang yang senasib #halah


Q: Untuk pertanyaan penutup (dan seperti biasa), Kesan & Harapan untuk BBI kedepannya?


Ade: Yang pasti sih BBI makin jaya. Makin banyak orang yang tertarik gabung dengan BBI dengan harapan, BBI bisa turut andil dalam dunia mencintai baca buku dan juga menulis. Oh ya, aku juga kepingin dong, media sosial BBI terutama Twitter lebih dimanfaatkan. Jadi kayak semacam kultwit gitu. Bisa kultwit tentang cara-cara bikin blog buku atau tips-tips membaca cepat misalnya *halah* Jadi akan semakin banyak followersnya nanti. Sekalipun bukan anggota BBI tapi bisa mendapatkan manfaat dari setiap twit BBI, syukur-syukur akhirnya dia jadi ikutan gabung juga kan :D

Asri:Berhubung aku baru kenal sama BBI 2-3 bulan ini dan baru ikutan event buntelan, belum ikutan event yang lain, aku masih bingung mesti kasih saran apa gitu yang pas buat perkembangan BBI ke depannya :D *jangan marah yaa, Bebi*.. Tapi, ada yang mengganjal nih Bebi dan aku kesel banget sama Bebi.. Itu sosmed twitternya kenapa ngga update2 sih? Ini udah bulan agustuslho, dan terakhir update bulan Juni.. Hayo.. Percaya deh Bebi, di jaman sekarang ini, dimana sosmed mendominasi hidup kita, kalau diupdate lagi itu twitternya, bakalan deh Bebi bakalan lebih besar, besar dan besar bangetttt.. Oke, Bebiku sayang :D *wink*

Tiara: Kalo kesan sejauh ini Bebi seru banget. Bikin aku ketemu sama orang-orang yang hobi baca sama kayak aku. Hobi nimbun *kalian juga gak sih*Semoga BBI bisa lebih besar dan lebih aktif lagi dari sekarang. Lebih banyak membernya dan kegiatannya juga. Amin!

Shen: Kesanku: BBI itu asik dan membuatku akhirnya bisa memiliki teman yang suka baca buku. Apalagi aku di grup lumayan sering dapat buntelan, ahahaha. Selain itu, lewat BBI aku jadi punya banyak kenalan penulis serta membangkitkan salah satu impianku yang sempat kulupakan, menjadi seorang penulis yang memberikan kebahagiaan pada pembacanya.

Harapan:

  1. BBI semakin kedje lagi & semakin banyak menerima buntelan, ahehehe

  2. Kalau bisa, BBI benar-benar menyeleksi member yang mau gabung ke komunitas biar saat gabung nanti tidak nanya hal yang seharusnya dia sudah paham saat memutuskan untuk gabung BBI

  3. Kalau bisa BBI buat handbook tentang serba-serbi BBI, beberapa kosakata yang sering digunakan dalam dunia book blogger (seperti TBR, giveaway, blogtour). Jadi para admin gak perlu capek lagi jawab pertanyaan dari member baru BBI yang intinya sama saja dari jaman dahulu :"D #heh
Aduh, kok rasanya jadi kaku begini ya interviewnya? Bebi pun bingung -_-. Mungkin karena biasanya Bebi kepoin satu orang doang per bulannya. Dan.. khusus untuk bulan ini (mengingat bahwa bulan kemerdekaan dan tersadar: apa hubungannya? #lupakan) Bebi kepoin 4 orang sekaligus! Mungkin bulan depan juga Bebi bakal interview 4 member. Mengingat banyaknya anggota baru yang mendaftar dan member lama yang terasingkan #nangisdipojokan.

Nah, setelah membaca interview di atas, jika ada yang kurang jelas bisa dihubungin mereka di:



Asri : @princessashr | asri.r26@gmail.com | peekthebook@gmail.com

Ade : @adedelinaputri | adedelinaputri@yahoo.com | adedelinap@gmail.com

Tiara : @tiaratier_ | tiaraorlandaa@gmail.com

Shen : smeileng18@gmail.com
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Jenny
AUTHOR
27 September, 2015 06:23 delete

Aku anggota lama yang terasingkan, Bebi... #eaa #mulaidrama

Reply
avatar
helvry
AUTHOR
27 September, 2015 08:16 delete

Bebi kewalahan dengan empat orang sekaligus ya..hehehe
selamat datang semua, mari berbagi di BBI

Reply
avatar