Tempat Berburu Buku di Medan

Mengetahui di mana saja tempat untuk berburu buku merupakan sesuatu yang sangat menarik dan menyenangkan bagi para pecinta buku. Perasaan tersebut ibarat perasaan wisatawan yang antusias ketika mengunjungi suatu tempat wisata. Mendebarkan dan seru. Betul?

Bagi para pecinta buku di Medan atau yang suatu saat ingin berkunjung ke Medan, barangkali daftar beberapa tempat berburu buku baik yang menjual buku baru maupun bekas yang ada di Medan berikut ini bisa membantu.

foto kredit: semedan.com

1. Pasar Buku Bekas Jl. Pegadaian

Pasar buku bekas ini berlokasi di sepanjang Jl. Pegadaian dan merupakan pasar buku bekas terbesar di Medan. Dahulunya pasar buku ini berada di Lapangan Merdeka, yang sebelumnya pindah dari area Titi Gantung. Di pasar buku ini, kita bisa menemukan banyak kios-kios buku bekas. Meskipun lebih dikenal dengan istilah pasar buku bekas, tetapi di sini juga dijual buku-buku baru orisinal dengan harga miring, kadang sampai separuh harga normal. Selain buku asli, di sini juga ada dijual buku KW alias bajakan, tapi itu umumnya buku-buku novel lokal yang best seller atau buku teks kuliahan, jadi memang harus jeli juga. Kalau di pasar buku ini, kita harus pintar menaksir harga dan melakukan penawaran jika tak ingin salah harga.

2. TB Gramedia

Kalau ini sudah pastilah ya ada di kota-kota besar. Untuk di Medan, toko buku Gramedia ada banyak cabang, di antaranya:

- Cabang Utama Jl. Gajah Mada No. 23 Medan
- Cabang Hotel Santika
- Cabang Medan Mall Lt 4, Jl. M.T. Haryono, Medan
- Cabang Sun Plaza
- Cabang Hermes Place  Jl. Mongonsidi
- Cabang Plaza Medan Fair  Jl Gatot Subroto No. 30

Kalau punya kartu member bisa dapat diskon 10% untuk semua buku terbitan Gramedia Group.

3. Books & Beyond

Toko buku ini menjual buku-buku impor dan terletak di dua lokasi, yaitu:

- Plaza Medan fair di lantai 1, dekat tempat display promo mobil
- Sun Plaza, di lantai dasar, dekat pintu samping

4. Periplus

Seperti Books & Beyond, Periplus juga menjual buku-buku impor. Terletak di Gedung Cambridge Jl. Letjen S. Parman No. 217, LG-B16-17 (di lantai dasar). Selain itu, Periplus juga ada di bandara Kualanamo.

5. Paperclip

Sebenarnya ini toko stationery, tapi sekarang ada juga dijual buku-buku bacaan di Paperclip. Di Medan ada dua lokasi, yaitu di Sun Plaza lantai 4 dan Center Point.

6. TB Malioboro

Tobuk ini khusus menjual buku-buku bekas seperti komik, buku anak, novel jadul, majalah, dsb. Letaknya di Jl. Veteran, di seberang tugu Sambu belakang Medan Mall. Tokonya kecil, tapi isinya padat dan harganya murah.

7. TB Sumber Ilmu

Toko buku ini menjual buku-buku agama Islam, baik secara grosir maupun ecer. Ada juga buku-buku umumnya, tapi sedikit. Terletak di Jl. Riau No. 85, di seberang Tugu Sambu belakang Medan Mall.

8. TB Sembilan Wali/Wali Songo

Terletak di Jl. Iskandar Muda No. 105, tepat di simpang empat gajah mada dan ismud. Tobuk ini khusus menjual buku-buku agama Islam, baik fiksi maupun nonfiksi. Kalau punya kartu member, kita bisa dapat diskon 5% untuk semua jenis buku.

9. TB Toha Putra

Toha putra merupakan toko buku grosiran maupun ecer yang menjual berbagai buku umum maupun agama Islam dari berbagai penerbit. Terletak di Jl. Sisingamangaraja No. 8-B, sebelum kolam renang Paradiso.

10. TB Kedai Moslem

Letaknya di Jl. Amaliun No. 137, berupa ruko dua gandeng bertingkat. Tobuk ini selain menjual buku-buku agama Islam juga perlengkapan busana muslim. Di sini juga berlaku keanggotaan. Kalau kita ada kartu member, kita bisa dapat diskon sampai 20% untuk buku-bukunya. Lumayan 'kan?

11. Titi Gantung

Sebenarnya tobuk di Titi Gantung ini sudah pindah ke Jalan Pegadaian, tapi masih ada beberapa toko buku yang bertahan di bagian bawah Titi Gantung. Kalau pas beruntung, kadang-kadang suka ada buku-buku bagus di toko-toko itu. Lokasinya agak ke bagian bawah kalau kita turun dari jembatan yang ke arah Center Point.


***

Inilah tempat-tempat berburu buku yang bisa Kamu kunjungi di Medan. Mungkin ini belum semua, hanya sebagian yang saya tahu dan masih ada tobuk lainnya yang terlewatkan. Jika ada teman-teman yang memiliki informasi tempat penjualan buku di Medan yang belum tercantum di sini, silakan dituliskan di kolom komentar ya. Selamat berburu buku!

Kontributor:
Evyta Ar | BBI1304123 | www.lensabuku.com
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Helvry Sinaga
AUTHOR
31 August, 2016 17:37 delete

wah banyak juga yang belum didatangi nih:
books n beyond, periplus, malioboro, sumber ilmu, toha putra, kedai muslim.

Reply
avatar
Evyta Ar
AUTHOR
01 September, 2016 14:09 delete

dulu ada juga Tobuk Gama Utama dekat kolam renang sm.raja itu, tapi udah tutup. trus ada juga gunung agung di aksara, udah tutup juga. sama tobuk Karisma, dia jual buku umum juga tapi ada juga buku-buku agama nasrani, tapi udah ga tau lagi di mana sekarang lokasinya. masih banyak lagi yang belum terdeteksi, terutama tobuk-tobuk indie. saya ngasih istilahnya indie karena maksudnya tobuk yang dibuka secara pribadi/mandiri hehe

Reply
avatar