[Event] BBI Anniversary Project 2015



Hi BBI-ers,

tak terasa tanggal 13 April sudah semakin dekat. Tentunya, semua ingat dong, hari apa itu?

Yak, hari ulang tahun BBI! Buat yang lupa atau malah baru tahu, silahkan setor bakpao dan fanta biru ke Bebi, ya!

Nah, untuk meramaikan ulang tahun BBI, Div. Event terus berusaha agar bisa memberikan suatu hal yang baru dan menyenangkan. Kali ini, acara yang akan diselenggarakan adalah "Around the Genres in 30 Days" yang sekaligus digabung dengan "Giveaway Hop", event tahunan BBI :)





Buat yang rajin mantau email dan FB, pasti sudah tahu garis besar dari event ini. Idenya adalah, untuk menggabungkan member dengan minat baca pada genre yang sama.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut untuk proyek ulang tahun BBI ​tahun 2015:






Around the Genres in 30 Days

Tiap grup dapat mendiskusikan genre tersebut dan membuat postingan blog guest post dg bahasan tertentu, post how-to, the best-of, dll) dan wajib membuat GA Hop (akan dijelaskan di bawah).

GENRE

  1. Romance (adult/new adult, contemporary, erotica, paranormal romance, historical romance, etc)

  2. Young adult (teenlit, contemporer, YA realistic fiction, YA sicklit)

  3. Mystery (horror, detective, thriller, suspense)

  4. Science Fiction and Fantasy

  5. Historical Fiction/Classic

  6. Non fiction (self-help, history, politic, biography)

RULES FOR AROUND THE GENRES IN 30 DAYS

  1. Satu genre/kelompok memiliki kapasitas min. 10 orang dan max. 15 orang. Div. Event berperan membantu pembagian kelompok seadil mungkin.

  2. Peserta boleh mengajukan genre baru dengan syarat peserta yang berminat mencapai jumlah minimal kuota kelompok.

  3. Teman-teman yang berminat dapat mendaftarkan diri untuk ikut serta grup genre yang diinginkan pada form yg akan kami sediakan. Peserta boleh memilih hingga 3 genre yg diinginkan sesuai dg skala prioritas, misal: 1. Fantasy 2. Childlit 3. Thriller (pilihan pertama genre yang sangat disukai, genre terakhir lebih rendah prioritasnya)

  4. Setiap grup bebas menentukan eventnya masing-masing terkait genre tersebut. Setiap grup harus menentukan koordinator tiap grup utk menjalankan event tersebut. Misal, melakukan diskusi, membahas opini terhadap satu buku/general, melakukan guest-post terkait buku genre, interview dg bahasan genre, essay, dll.

  5. Tim event sebagai penanggung jawab (PIC: Oky, Zelie, dan Nina).

  6. Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 5 Maret 2015 (link menyusul)




 Giveaway Hop

Seluruh peserta yang telah mendaftar event Around the Genres in 30 Days secara otomatis WAJIB melaksanakan GA Hop. Harap diperhatikan, apabila tidak ingin menyelenggarakan GA Hop, maka tidak disarankan utk mendaftar dalam event ini. Anggota BBI yang tidak mendaftar dalam Around The Genres, otomatis langsung menjadi peserta yang boleh meramaikan GA Hop (peserta GA Hop aja, bukan penyelenggara).

RULES FOR GIVEAWAY HOP

  1. Setiap peserta grup WAJIB menjadi penyelenggara GA Hop. Misal, grup Romance memiliki 12 peserta, maka ke-12 peserta tersebut masing-masing mengadakan GA Hop

  2. Tema buku yang akan dihadiahkan harus sesuai dengan grup genrenya. Misal, Oky ikut grup Fantasy, maka Oky akan menghadiahkan satu buku fantasy berjudul Anak Rembulan ? Joko Lelono

  3. Buku yang disediakan boleh bekas, boleh baru. Penyelenggara GA Hop tidak diperkenankan menjadi peserta GA Hop dalam grupnya. Namun diperbolehkan menjadi peserta GA Hop grup lain. Misal, Nina peserta & penyelenggara GA Hop grup Romance tidak boleh mengikuti GA Hop di grup romance, namun boleh menjadi peserta GA Hop grup lainnya.

  4. Periode giveaway dan pengumuman pemenang giveaway dilakukan secara serentak, sesuai timeline yang akan diberikan




 ADDITIONAL NOTES



  1. Setiap peserta wajib memasang banner event "Around the Genres in 30 days" di sidebar blog

  2. Tiap peserta diharapkan post yang terkait dengan event di blog masing-masing, sesuai rules dan pelaksanaan yang disepakati bersama dengan koordinator grup

  3. EVENT dilaksanakan selama 30 hari, yakni dimulai sejak posting bareng tanggal 19 Maret. Namun puncak acara pada tgl 1-13 April (seperti post/guest post, the best-of, top-5, interview, dll). Lebih lengkapnya, silahkan cek timeline berikut ini:

TIMELINE EVENT



  • 2-4 Maret: Sosialisasi event sekaligus pengajuan genre baru (min. 10 orang)

  • 5-12 Maret: Pendaftaran member grup

  • 13 Maret: Pengumuman peserta dan grup yang fix (termasuk sisa-sisa quota yg tersingkir)

  • 13-15 Maret: Memilih dan melaporkan siapa koor/penanggung jawab grup

  • 16 Maret–17 April: Masing-masing kelompok memilih koordinator grup dan melapor ke Div. Event untuk rangkaian acara. Contoh, update post pada tgl 21 Maret mengenai pengumuman siapa koordinator terpilih untuk grup kalian. Pada tanggal 24 Maret, ada update rencana rundown/timeline, atau daftar buku2 yg akan didiskusikan/dibaca, dll.

  • 19 Maret: Posting bareng untuk pengenalan event "Around the Genres in 30 Days". Cantumkan di post: banner, pengenalan tentang genre kelompokmu dan pengumuman GA Hop (akan dijelaskan berikutnya).

  • 1-13 April: Pelaksanaan hasil diskusi. Misalnya akan mengadakan guest posting dan read-a-long dan penyelenggaraan Giveaway Hop

  • 15 April: Pengumuman pemenang giveaway hop

  • 17 April: Posting bareng untuk penutup; laporan event/grup selama masa berlangsung 30 hari, kesimpulan/saran, pesan/kesan, sekaligus mempromosikan offline event di tanggal 18 April 2015




 FAQ

Q: Bagaimana kalau genre favorit saya tidak ada di pilihan?
A: Kamu bisa mengajukan pembuatan genre/kelompok baru. Kalau peminat genre/kelompok tersebut mencapai 10 orang, akan dibentuk.

Q: Kelompok genre yang saya minati sudah penuh, lalu saya harus bagaimana?
A: Div. Event menetapkan "First come, first serve." Tapi, kamu juga diberi pilihan untuk memilih sampai 3 prioritas genre favorit. Sebelum "memindahkan" kamu pun, tim event akan mengontakmu terlebih dulu.

Q: Apa yang akan terjadi kalau salah satu genre "utama" memiliki peminat kurang dari sepuluh orang?
A: Div. Event akan mencoba menawarkan ke member yang belum mendapat grup terlebih dulu. Jika masih tidak bisa memenuhi kuota, akan coba "disalurkan" ke grup lain.



[Updated on April 2015] Report

Untuk memudahkan pengecekan, maka seluruh post atau linky yang terkait dengan event ini akan digabungkan ke dalam post ini.







Kalau masih ada pertanyaan atau butuh informasi lebih lanjut, silahkan langsung kontak Div. Event, ya.

Person-in-charge untuk event ini adalah: Oky, Nina dan Zelie.​

Bisa kontak ke email: diveventbbi(at)gmail(dot)com atau langsung japri ke yang bersangkutan.

Selamat bersenang-senang!



Salam,

Div. Event BBI
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
05 March, 2015 16:35 delete

[…] Buat yang belum tahu tentang  acara tersebut, silahkan refer ke sini. […]

Reply
avatar
Wahyu Ratnaningsih
AUTHOR
03 April, 2015 14:08 delete

Selamat Ulang Tahun BBI yang ke empat! Semakin sukses, banyak membernya, dan semakin banyak orang terinspirasi oleh BBI :)

Reply
avatar